Festival Dolanan 48 (Gempita Nusantara)

dolanan

Jakarta, 14 November 2015 – Gempita Nusantara, sebuah nama dari angkatan penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang baru saja melaksanakan Persiapan Keberangkatan (PK). Mereka yang tergabung dalam PK ini merupakan angkatan ke 48.

Setelah melakukan serangkaian kegiatan PK 48 dari tanggal 10 November 2015, Gempita Nusantara menyelenggarakan acara penutupan bertajuk Festival Dolanan di Gedung A, Kementrian Pendidikan Republik Indonesia, Senayan, Jakarta (14/11). Dalam Festival Dolanan, para pengunjung diajak melestarikan berbagai permainan tradisional khas Indonesia dan bersenang- senang bersama.

Bentengan, galasin, congklak, egrang hanyalah beberapa permainan tradisional yang dimainkan di sini. Selain bermain, para pengunjung yang terdiri dari anak- anak dan para orangtua ini juga diajak mengikuti seminar dari Zaini Alif, pakar permainan tradisional. Mereka pun diajak memeragakan beberapa permainan, seperti Hompimpa Alaiumgambreng yang terkenal.

Acara ini juga menampilkan Festival Budaya di mana para pengunjung dapat menikmati drama seni kontemporer, flashmob, dan juga tari tradisional. Semua dipersembahkan oleh para penerima beasiswa LPDP. Tidak mau ketinggalan, pengunjung juga dapat mendonorkan darah dan cek kesehatan gratis di sini.

Acara yang dimulai dari pagi sampai siang hari ini akhirnya ditutup oleh penampilan dari standup comedian, Hadi, dan juga Budi Doremi yang mengajak para penonton bernyanyi dan berdendang bersama.

Festival Budaya meninggalkan kesan yang spesial tersendiri bagi para penerima beasiswa. Hadirnya 1500 orang pada acara ini pun menjadi suatu hal yang sangat mengesankan bagi para penerima beasiswa. Bukan hanya itu, mereka semua bergembira dan bersenang- senang bersama dengan para pengunjung sekalian. Rasa lelah pun hilang setelah melihat betapa bahagianya para peserta saat datang dan bermain bersama.

Twitter Updates

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Name and email are required