Selayang Pandang “Plampang Cerdas”

IMG_2228 1

Dusun Plampang merupakan sebuah dusun yang menjadi bagian dari Desa Kalirejo Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dusun Plampang hanya berjarak sekitar 56 km dari kota Yogyakarta dan dapat diakses dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Sepanjang perjalanan menuju Dusun Plampang kita akan disuguhkan pemandangan hamparan pepohonan hijau nan rimbun yang menghiasi bukit-bukit sekaligus jalan yang menantang adrenalin. Dusun Plampang dengan penduduk mencapai 4.859 jiwa ini menyimpan tidak hanya pemandangan dan potensi alam yang luar biasa namun keramahan penduduk Plampang membuat kita memahami Indonesia yang sesungguhnya.

Keramahan itulah yang kami rasakan ketika berkesempatan untuk menginap selama 2 hari bersama warga. Sebagian besar warga Dusun Plampang bekerja sebagai petani nira sehingga sangat sulit untuk mencari warga terutama bapak-bapak pada pagi hari. Kedatangan kami sangat disambut baik oleh warga. Pertama kali bertemu kami sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga. Sungguh sesuatu yang langka jika kita terbiasa hidup di kota. Mungkin inilah cermin Indonesia yang sesungguhnya.

Berbicara tentang Indonesia jangan hanya berbicara tentang alam yang indah, namun berbicaralah mengenai manusianya. Sudahkah semua manusia Indonesia sejahtera? Atau sudahkah semua manusia Indonesia berusaha untuk sejahtera? Beberapa minggu yang lalu kami berkesempatan untuk berinteraksi dengan anak-anak kelas 3 SMP Negeri 3 Kokap yang sebagian besar siswanya berasal dari Dusun Plampang. Ketika kami menanyakan apa cita-cita mereka setelah lulus SMP, sebagian isi kelas menjawab akan bekerja nderes nira atau sebagai petani nira. Mungkin sedikit ironis ketika banyak anak-anak di luar sana yang berlomba-lomba untuk diterima di sekolah favorit namun mereka hanya ingin bekerja berusaha untuk sejahtera. Namun ada satu hal yang tidak dapat kami lupakan dari wajah-wajah mereka adalah semangat mereka yang luar biasa untuk sampai ke sekolah yang jaraknya tidak bisa dikatakan dekat. Semangat merekalah yang membuat kami percaya bahwa harapan akan masa depan Indonesia yang lebih baik ada di depan mata.

Twitter Updates

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Name and email are required